Selain batik, Cirebon dikenal dengan kerajinan gerabah. Daerah yang terletak di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon ini merupakan daerah penghasil gerabah yang memiliki kualitas yang unggul dari beberapa daerah penghasil gerabah lainnya.

    Salah satu legenda gerabah yang ada di daerah Sitiwinangun yaitu pa kadmiya menerangkan bahwa Desa Sitiwinangun dikenal sebagai kampung gerabah. Kualitas kerajinan gerabah yang dibuat/diproduksi di Desa Sitiwinangun ini sudah terkenal dan memiliki ciri khas-nya yang melekat.

    "Kelebihan gerabah sitiwinangun yaitu dari segi ornamen atau ukirannya dan kualitas daya tahan yang lebih kuat" ujar Pa Kadmiya.

    Usaha yang dibangun oleh Pa Kadmiya ini berawal dari tahun 2009 dibantu oleh Dekranasda Pusat untuk melakukan studi banding. Dengan adanya study banding ini banyak warga yang bergerak untuk mengaktifkan kerajinan gerabah ini. Dari 30 orang sekarang sudah ada hampir 100 orang yang ikut bergerak dibidang gerabah ini.

    Dari studi banding dan bantuan alat produksi dari pemerintah pada tahun 2014, kini pengrajin gerabah terus berinovasi agar produknya tetap eksis dan tidak terkikis oleh zaman yang sudah memasuki era modern ini. Dan, industri gerabah bisa terus membaik dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan  dan meningkatkan perekonomian warga desa, khususnya desa Sitiwinangun ini.